Jumat, 27 Mei 2016

ISBD : MODERNISASI



ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR
“MODERNISASI”
D
I
S
U
S
U
N
OLEH :
SEKAR DRYA FAJRIN NURINA
1131111038
A REGULER 2013


 




PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2016



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT Tuhan yang Maha Esa karena atas berkat Rahmat dan Hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Modernisasi” tepat pada waktunya. Makalah ini disusun guna memenuhi salah satu tugas Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar . Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, didalam makalah ini penulis berusaha menjelaskan bagaimana modernisasi.
Makalah yang penulis susun ini belumlah sempurna, akan tetapi penulis telah berusaha semaksimal mungkin dalam pembuatan makalah ini. Oleh karena itu, penulis juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini sampai selesai. Serta ucapan terima kasih penulis sampaikan juga kepada Bapak  Dosen yang telah memberikan tugas ini kepada penulis.
Akhir kata, penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat bukan hanya bagi penulis sendiri namun juga dapat bermanfaat bagi semua orang yang membaca makalah ini untuk menambah wawasannya. Kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Medan,    Maret 2016
Penulis 

Sekar Drya Fajrin Nurina






DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………..   i
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………..  ii
BAB I PENDAHULUAN ……………………………………………………………..  1
1.1. Latar Belakang   ………………………………………………………………   1
1.2 Rumusan Masalah  …………………………………………………………….   1
1.3. Tujuan Pembahasan …………………………………………………………..   2
BAB II PEMBAHASAN ……………………………………………………………..   3
2.1  Sejarah Modernisasi. ………………………………………………………….   3
2.2 Pengertian Modernisasi. ……………………………………………………….   3
2.3 Ciri-ciri Manusia Modern. ……………………………………………………..   4
2.4 Syarat-syarat Modernisasi. …………………………………………………….   5
2.5 Sikap Mental Manusia Modern……………………………………………..    5
2.6 Gejala Modernisasi di Indonesia. ……………………………………………..   5
2.7 Contoh Modernisasi. ………………………………………………………….   6
2.8 Dampak Positif dan Negatif Modernisasi . …………………………………….  11
2.9 Solusi dari Perkembangan Modernisasi.   ……………………………………..   13
BAB III PENUTUP ……………………………………………………………………  14
3.1 Kesimpulan   …………………………………………………………………..   14
3.2 Saran …………………………………………………………………………..   14
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………….   15







BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Kemajuan ilmu pengetahuan selalu diikuti dengan kemajuan teknologi. Hal ini terbukti dengan banyaknya penemuan dalam bidang teknologi guna memenuhi kebutuhan hidup manusia dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.
Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia melibatkan Negara-negara lain. Dalam banyak proyek pengembangan ilmu pengetahuan seperti penelitian-penelitian, beasiswa, dan institusi pendidikan, Negara-negara lain banyak terlibat baik dari segi pembiayaan maupun segi pengadaan fasilitas.
Modernisasi berarti proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat yang modern. Modernisasi dapat pula berarti perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat yang modern. Jadi, modernisasi merupakan suatu proses perubahan di mana masyarakat yang sedang memperbaharui dirinya berusaha mendapatkan ciri-ciri atau karakteristik yang dimiliki masyarakat modern. Selain itu, ini juga menunjukkan suatu proses dari serangkaian upaya untuk menuju atau menciptakan nilai-nilai (fisik, material dan sosial) yang bersifat atau berkualifikasi universal, rasional, dan fungsional.

1.2 Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah pada makalah ini adalah:
1.      Bagaimana sejarah modernisasi?
2.      Apa itu modernisasi?
3.      Bagaimana ciri-ciri manusia modern?
4.      Apa sajakah syarat-syarat suatu modernisasi?
5.      Bagaimana sikap mental manusia modern?
6.      Apa gejala yang ditimbulkan dengan adanya modernisasi?
7.      Apa saja contoh dari modernisasi?
8.      Bagaimana dampaknya pada teknologi modernisasi?
9.      Bagaimana solusi dari perkembangan modernisasi ?
1.3 Tujuan
Adapun tujuan dari Penulisan makalah ini adalah untuk:
1.      Untuk mengetahui sejarah dari modernisasi.
2.      Untuk mengetahui pengertian modernisasi.
3.      Untuk mengetahui ciri-ciri manusia modern.
4.      Untuk mengetahui syarat-syarat suatu modernisasi.
5.      Untuk mengetahui sikap mental manusia modern.
6.      Untuk mengetahui bagaimana gejala modernisasi di Indonesia.
7.      Untuk mengetahui contoh dari modernisasi.
8.      Untuk mengetahui dampak positif dan negatif teknologi modernisasi .
9.      Untuk mengetahui solusi dari perkembangan modernisasi.






















BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Sejarah Modernisasi
Dalam konteks sejarah manusia , tercatat beberapa kali telah terjadi  perubahan sosial yang besar. Dimulai pada abada ke-18, manusia mengalami  masa pencerahan (enlightenment period) setelah demikian lama terkurung dalam belenggu dogma agama.
Periode ini ditandai dengan mulai diagungkanya rasionalitas yang kemudian melahirkan  revolusi industri di inggris. Pada abad ke-20, terjadi revolusi kemerdekaan  di berbagai belahan dunia setelah  sekian lama mereka hidup di bawah payung kolonialisme . Periode ini ditandai dengan munculnya negara-negara baru bekas jajahan .
Perubahan-perubahan tersebut berhasil membentuk kembali sejarah peradaban  dan kebudayaan manusia yang tentunya relatif lebih maju. Sejarah  perubahan manusia menuju masyarakat yang lebih maju inilah disebut modernisasi. Pada bagian ini apa yang di maksud dengan modernisasi akan dibahas lebih lanjut .

2.2 Pengertian Modernisasi
Aspek yang paling spektakuler dalam modernisasi sesuatu masyarakat ialah pergantian teknik produksi dari cara-cara tradisional kecara-cara modern yang tertampng dalam pengertian revolui industri.
Akan tetapi proses yang disebut revousi industri itu hanya satu bagian atau satu aspek saja dari suatu proses yang jauh lebih luas. Menurut Scrool (1991:1) modernisasi sesuatu masyarakat ialah suatu proses transformasi suatu perubahan masyarakat dalam segala aspek-aspeknya. Beberapa aspek hendak kami sebut untuk memberi gambaran dari ‘transformasi besar’ masyarakat itu. Dalam menunjuk aspek-aspek proses modernisasi juga akan dikemukakan hubungan diantara gejala-gejala yang bermacam-macam.
Arti kata modernisasi dengan kata dasar modern berasal dari bahasa Latin modernus yang dibentuk dari kata modo dan ernus. Modo berarti cara dan ernus menunjuk pada adanya periode waktu masa kini. Modernisasi berarti proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat yang modern. Modernisasi dapat pula berarti perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat yang modern. Jadi, modernisasi merupakan suatu proses perubahan di mana masyarakat yang sedang memperbaharui dirinya berusaha mendapatkan ciri-ciri atau karakteristik yang dimiliki masyarakat modern.

Pengertian modernisasi menurut pendapat para ahli:
a.      Widjojo Nitisastro,
Modernisasi adalah suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang tradisional atau pramodern dalam arti teknologi serta organisasi sosial, ke arah pola-pola ekonomis dan politis.

b.      Soerjono Soekanto,
Modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang terarah yang didasarkan pada suatu perencanaan yang biasanya dinamakan social planning.                                                       
Dengan dasar pengertian di atas maka secara garis besar istilah modern mencakup pengertian sebagai berikut:
·         Modern berarti berkemajuan yang rasional dalam segala bidang dan meningkatnya tarat penghidupan masyarakat secara menyeluruh dan merata.
·         Modern berarti berkemanusiaan dan tinggi nilai peradabannya dalam pergaulan hidup dalam masyarakat.

2.3 Ciri-ciri Manusia Modern.
Modernisasi dapat terwujud apabila masyarakatnya memiliki individu yang mempunyai sikap modern, menurut Alex Inkeles, terdapat 9 ciri manusia modern. Ciri-ciri itu sebagai berikut:
1.      Memiliki sikap hidup yang menerima hal-hal yang baru dan terbuka untuk perubahan.
2.      Memiliki keberanian untuk menyatakan pendapat atau opini mengenai lingkungannya sendiri atau kejadian yang terjadi jauh di luar lingkungannya serta dapat bersikap demokratis.
3.      Menghargai waktu dan lebih banyak berorientasi ke masa depan daripada masa lalu.
4.      Memiliki perencanaan dan pengorganisasian.
5.      Percaya diri.
6.      Perhitungan.
7.      Menghargai harkat hidup manusia lain.
8.      Percaya pada ilmu pengetahuan dan teknologi.
9.      Menunjung tinggi suatu sikap di mana imbalan yang diterima seseorang haruslah sesuai dengan prestasinya dalam masyarakat.

2.4 Syarat-Syarat Modernisasi.
Selain dorongan modernisasi, terdapat pula syarat-syarat modernisasi. Menurut Soerjono Soekanto, syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut :
1.      Cara berpikir ilmiah (scientific thinking) yang sudah melembaga dan tertanam kuat dalam kalangan pemerintah maupun masyarakat luas.
2.      Sistem administrasi Negara yang baik dan benar-benar mewujudkan birokrasi.
3.      Sistem pengumpulan data yang baik, teratur, dan   terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu seperti BPS (Badan Pusat Statistik).
4.      Penciptaan iklim yang menyenangkan (favourable) terhadap modernisasi terutama media massa.
5.      Tingkat organisasi yang tinggi, terutama disiplin diri.
6.      Sentralisasi wewenang dalam perencanaan social (social planning) yang tidak mementingkan kepentingan pribadi atau golongan.


2.5 Sikap Mental Manusia Modern

1.      Kebudayaan suatu masyarakat dapat menjadi pendorong sekaligus penghambat proses Modernisasi. Karena itu, sikap mental dan nilai budaya suatu masyarakat sangat menentukan diterima atau ditolaknya suatu perubahan atau modernisasi.
2.      Sikap mental yang dapat menjadi pendorong proses modernisasi antara lain rajin, tepat waktu, dan berani mengambil resiko.

2.6 Gejala modernisasi di Indonesia.
Gejala-gejala modernisasi dapat ditinjau dari berbagai bidang modernisasi kehidupan manusia berikut ini:
1.      Bidang budaya; ditandai dengan semakin terdesaknya budaya tradisional oleh masuknya pengaruh budaya dari luar, sehingga budaya asli semakin pudar.
2.      Bidang politik; ditandai dengan semakin banyaknya Negara yang lepas dari penjajahan, munculnya Negara-negara yang baru merdeka, tumbuhnya Negara-negara demokrasi, lahirnya lembaga-lembaga politik, dan semakin diakuinya hak-hak asasi manusia. 
3.      Bidang ekonomi; ditandai dengan semakin kompleksnya kebutuhan manusia akan barang-barang dan jasa sehingga sektor industri dibangun secara besar-besaran untuk memproduksi barang.
4.      Bidang sosial; ditandai dengan semakin banyaknya kelompok baru dalam masyarakat, seperti kelompok buruh, kaum intelektual, kelompok manajer, dan kelompok ekonomi kelas (kelas menengah dan kelas atas).

2.7 Contoh Modernisasi
Karena berkembangnya zaman yang semakin modern dengan penemuan-penemuan dari segikomunikasi dan transportasi :

1.      Perubahan Becak yang semakin modern dari jaman dahulu hingga sekarang.
Becak merupakan sebuah kendaraan yang begitu sederhana dibandingkan dengan mobil. Pada zaman dahulu Becak itu terbuat dari kayu dan ditarik oleh manusia. Manusia itu sebagai mesin penggerak becak tersebut dan itu pertama kali di China.
Berikut ini adalah gambarnya :

http://2.bp.blogspot.com/_P0oiR0ixcIY/TLgPRi46tvI/AAAAAAAAAAM/iR8bfovcPdM/s1600/images.jpeg 








Setelah berkembangnya pemikiran manusia dan bertujuan untuk memudahkannya, becak pun dibuat berjalan dengan cara di Goes dengan Kaki. 
Berikut gambarnya becak goes :


http://2.bp.blogspot.com/_P0oiR0ixcIY/TLgQRNi7nAI/AAAAAAAAAAQ/sRXXoL3aiZI/s320/becakchina.jpg
 










Karena jaman semakin berubah ketika manusia menemukan mesin, Becak pun dibuat dengan mesin seperti gambar berikut :


http://3.bp.blogspot.com/_P0oiR0ixcIY/TLgRBZk2iSI/AAAAAAAAAAc/EBpM68K-8uI/s1600/250px-Rickshaw_Hamburg.JPG
 









Gambar diatas merupakan becak ter-modern dari becak-becak sebelumnya.

2.      Perubahan angkutan unta menjadi toyota(mobil)
Dahulu Manusia berpindah tempat dari tempat satu ke tempat yang lain menggunakan unta, mungkin unta bisa disebut sebagai kendaraan manusia di jaman dahulu. Unta merupakan sebuah kendaraan darat yang dibutuhkan manusia dijamannya..


http://4.bp.blogspot.com/_P0oiR0ixcIY/TLgSFrxDXfI/AAAAAAAAAAg/6Ni1MItfSlM/s320/camel2.jpg
 









Gambar orang menaiki unta.
Setelah ditemukannya mobil sebagai kendaraan, manusia beralih menggunakan mobil untuk berpindah tempat satu ke tempat yang lain karena lebih efisien dan cepat dibandingkan dengan unta.

Semakin banyak mobil yang tercipta dan semakin banyak pembelinya, unta sebagai kendaraan pun mulai kurang peminat. Namun unta sekarang lebih dipilih sebagai kendaraan di tempat wisata. Manusia lebih memilih Toyota daripada Unta ( hanya sebuah Guyonan )
http://3.bp.blogspot.com/_P0oiR0ixcIY/TLgYFY1ajQI/AAAAAAAAAA8/UiKqDeFEswA/s320/toyota-alphard.jpg 








3.      Perubahan Mobil dari pertama ditemukan sampai yang paling canggih
Mobil adalah transportasi yang sangat diminati di jaman modern sekarang ini.
http://3.bp.blogspot.com/_P0oiR0ixcIY/TLgTyxrpFgI/AAAAAAAAAAk/ciEtLlqzfpg/s320/hi1-3.jpgPada jaman dahulu mobil berbentuk sangat sederhana di bidang teknologinya, dengan menggunakn velg yang sangat sederhana tanpa atap yang melindungi pengendaranya di kala hujan turun.







Setelah ada pembaruan dan berbagai penelitiantentang mobil, mobil pun memiliki banyak perubahan dari segi bahan yang tadinya dari kayu kemudian berubah menjadi baja karena kebutuhan manusia yang semakin kompleks. Bahan kayu sangat riskan untuk cepat rusak, karena itu mobil dibuat dari bahan baja dengan velg jari-jari yang sekarang hanya dibuat untuk motor.



http://3.bp.blogspot.com/_P0oiR0ixcIY/TLgU2f36cEI/AAAAAAAAAAo/kIK490CkMsY/s1600/vintage1.jpg 







Mobil mengalami perubahan di bidang mesin, seperti berubahnya jumlah kecepatan yang dulu mobil itu sangat lambat dibandingkan sekarang.
http://4.bp.blogspot.com/_P0oiR0ixcIY/TLgVmB6OQfI/AAAAAAAAAAs/EyzFyXjZOJI/s320/new_camry_taiwan.jpgTehnologinya pun menjadi lebih bagus dari yang dulu, dan dengan design yang sangat membuat manusia nyaman saat menggunakannya.







http://2.bp.blogspot.com/_P0oiR0ixcIY/TLgV1klz74I/AAAAAAAAAAw/viFZNSiEaas/s320/hevy_devy.jpgKarena manusia selalu kurang puas, mobil pun dibuat untuk balapan hanya demi gengsi dan kepuasan semata.






4.      Perubahan cara untuk membajak sawah 
Pada zaman dahulu para petani menggunakan kerbau untuk membajak sawah, mereka memukul kerbau agar mau berjalan untuk membajak sawah.


http://1.bp.blogspot.com/_P0oiR0ixcIY/TLgWdTH3zdI/AAAAAAAAAA0/KdbTkveSf_Y/s320/438436167_9d4e40a01a.jpg 







http://3.bp.blogspot.com/_P0oiR0ixcIY/TLgWvlth-aI/AAAAAAAAAA4/Jp_eKF6Ac4I/s1600/s_31d44914.jpgSeiring berjalannya zaman, tehnology yang semakin berkembang. Para petani menggunakan traktor untuk membajak sawah untuk mempermudah pekerjaanya.







5.      Perubahan Cara Berjualan 
Dari zaman ke zaman ke zaman mengalami sebuah perubahan yang significant termasuk cara berjualan. Misalnya penjual jamu dahulu berjualan dengan menggendong sebuah bakul dan berkeliling kampung dengan berjalan kaki.

http://4.bp.blogspot.com/_P0oiR0ixcIY/TL8ggHAKbXI/AAAAAAAAABA/5v-PJMKoR6E/s320/jamugendong.jpg 









Karena terciptanya sepeda para penjual jamu itu pun berubah cara berjualannya dengan menggunakan sepeda karena lebih mudah untuk mengelilingi kampung sambil berjualan.
http://1.bp.blogspot.com/_P0oiR0ixcIY/TL8hInZQivI/AAAAAAAAABE/tq6hgINxbtE/s320/img08072009305141.jpg.gif 








Alat transportasi pun semakin mengarah ke kemajuan, dengan terciptanya motor para penjual membeli motor untuk berjualan . karena sangat mudahnya berjualan dengan motor, tidak terasa capek, cepat, dan lebih praktis.
http://3.bp.blogspot.com/_P0oiR0ixcIY/TL8hvolvGiI/AAAAAAAAABI/oKCivQk3IiM/s320/tnqagpmf.jpg 









2.8 Dampak Positif dan Negatif Modernisasi .
Ø  Dampak Positif
Dampak positif teknologi modernisasi adalah sebagai berikut:

a.      Perubahan Tata Nilai dan Sikap
Adanya modernisasi dalam zaman sekarang ini bisa dilihat dari cara berpikir masyarakat yang irasional menjadi rasional.

b.      Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas. Serta mendorong untuk berpikir lebih maju, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pula yang membentuk masa modernisasi yang terus kian berkembang dan maju di waktu sekarang ini.
c.       Tingkat Kehidupan yang lebih Baik
Dibukanya industri atau industrialisasi berdasarkan teknologi yang sudah maju menjadikan nilai dalam memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih, dan juga merupakan salah satu usaha mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat, hal ini juga dipengaruhi tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi yang membantu perkembangan modernisasi.

Ø  Dampak Negatif
Dampak negatif teknologi modernisasi adalah sebagai berikut:
a.      Pola Hidup Konsumtif
Perkembangan teknologi industri yang sudah modern dan semakin pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah.  Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk menkonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada, sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

b.      Sikap Individualistik
Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitas. Padahal manusia diciptakan sebagai makhluk sosial.

c.       Gaya Hidup Kebarat-baratan
Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain.

d.      Kesenjangan Sosial
Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lainnya.  Dengan kata lain individu yang dapat terus mengikuti perkembangan jaman memiliki kesenjangan tersendiri terhadap individu yang tidak dapat mengikuti suatu proses modernisasi tersebut. Hal ini dapat menimbulkan kesenjangan sosial antara individu satu dengan lainnya, yang bisa disangkutkan sebagai sikap individualistik.

e.       Kriminalitas
Kriminalitas sering terjadi di kota-kota besar karena menipisnya rasa kekeluargaan, sikap yang individualisme, adanya tingkat persaingan yang tinggi dan pola hidup yang konsumtif.

2.9 Solusi dari Perkembangan Modernisasi.
1.      Masyarakat harus siap menerima perubahan itu.
2.      Memilih mana modernisasi yang bisa memajukan bangsa Indonesia dan mana yang memperburuk bangsa.
3.      Mengurangi angka urbanisasi ke kota.
4.      Menjaga kelestarian lingkungan.
5.      Menyeimbangkan semua kesempatan kerja.
6.      Bersikap positif bahwa desa juga ada pekerjaan.
7.      Meningkatkann rasa kekeluargaan.
8.      Membuka lapangan kerja.
9.      Meningkatkan sikap gotong royong agar terjalin kerjasama.
10.  Pemerintah sebaiknya memberikan modal sebagai membuka lapangan kerja bagi rakyat.
















BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Modernisasi diartikan sebagai perubahan-perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan yang tradisional atau dari masyarakat pra modern menuju kepada suatu masyarakat yang modern. Banyak para ahli mendefinisikaan modernisasi, namun secara garis besar kami dapat mennyimpulkan definisi modernisasi seperti kalimat diatas.
Modernisasi dapat terwujud apabila masyarakatnya memiliki individu yang mempunyai sikap modern. Selain dorongan modernisasi, terdapat pula syarat-syarat modernisasi.
Modernisasi juga mempunyai dampak bagi kehidupan bermasyarakat pada masysarakat yang menganut modernisasi. Modernisasi memiliki dampak negatif dan dampak positif. Dampak positif modernisasi diantaranya perubahan tata nilai dan sikap, berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, tingkat kehidupan  yang lebih baik. Dampak negatif dari modernisasi diantaranya pola hidup konsumtif, sikap individualistik, gaya hidup kebarat-baratan, kesenjangan sosial, kriminalitas.
Modernisasi memiliki gejala-gelaja meliputi gejala politik, gejala sosial, gejala budaya, gejala ekonomi yang harus ditanggapi dengan bijak.       


3.2 Refleksi
       Sebagai penulis menyarakan bahwa kita sebagai masyarakat Indonesia harus pandai-pandai dalam menyikapi perubahan dan perkembangan modernisasi, baik dari segi sikap, teknologi, budaya, sosial dan ekonomi. Agar perubahan dan perkembangan dari modernisasi tidak merusak masyarakat Indonesia dan dapat dimanfaatkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mengikuti perkembangan dari modernisasi harus dibarengi dengan keimanan agar semua perkembangan diikuti dan terkontrol dengan baik. Masyarakat juga tidak seharusnya bersikap individualistik. Karena kita hidup bermasyarakat dan kita adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan, kita harus memiliki rasa kepedulian terhadap sesama.




DAFTAR PUSTAKA

Abdulkadir, Muhammad. 2008. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Bandung : PT Citra Aditya Bakti.
Bakker, JWM. 1999. Filsafat Kebudayaan Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Kanisius.
Muntahhari, Murtadha. 2002. Manusia, Dan Alam Semesta. Jakarta: Lentera Basritama.
Scrool.1991.Modernisasi :Pegantar Sosiologi Pembangunan Negara-negara sedang Berkembang. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
http://evanursaadah15.blogspot.co.id/2013/09/makalah-modernisasi.html
https://ghanadinugrahanto.wordpress.com/dampak-modernisasi-dan-globalisasi/
http://njhik.blogspot.co.id/
https://shindohjourney.wordpress.com/seputar-kuliah/makalah-masyarakat-modern-dan kebudayannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar